GPS GIS LBS


(GPS) Global Positioning System adalah suatu sistem untuk menentukan letak dipermukaan Bumi dengan bantuan penyelarasan(synchorinization) sinyal satelit Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini di terima oleh alat penerima di permukaan dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah dan waktu

Keunggulan (GPS)
    Proses navigasi kendaraan lebih mudah dan cepat
    Sangat membantu meningkatkan tracking di dunia militer
    Mudah dalam mengidentifikasi setiap lokasi yang ada di permukaan bumi serta mengetahui kondisinya secara real time
    Lebih ringkas dan mudah digunakan dibandingkan dengan peta konvensional
    Penggunaan GPS tracking bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam menjaga kendaraan atau objek lainnya. Bila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, anda bisa dengan mudah melacak posisi objek yang dipasangkan alat  GPS tracking.

Mobile GIS (Geographic Information System merupakan sebuah kebutuhan. Selama ini banyak kegiatan-kegiatan yang kita lakukan di lapangan yang menggunakan GPS, laptop dan perangkat lunak GIS untuk melakukan pemetaan secara real time.

“Mobile GIS merupakan sebuah integrasi cara kerja perangkat lunak ataupun keras untuk pengaksesan data dan layanan geospasial melalui perangkat bergerak via jaringan kabel atau nirkabel.” – Ming-hsiang Tsou.


A-GPS (Assisted Global Positioning System) merupakan penyempurnaan dari GPS sebagai satelit penentu posisi di belahan bumi, Satelit GPS yang dimiliki bumi mempunyai rasi bintang 24 satelit dalam enam orbit yang mendekati lingkaran, setiap orbit ditempati oleh 4 buah satelit dengan interval antara yang tidak sama. Orbit satelit GPS berinklinasi 550° terhadap bidang equator dengan ketinggian rata-rata dari permukaan bumi sekitar 20.200 km.

Metode Advanced Positioning yang terdapat pada A-GPS merupakan metode penentuan posisi yang paling tinggi akurasinya dibandingkan metode deteksi posisi lainnya seperti misalnya Time Difference Of Arrival (TDOA), maupun Enhanced Observed Time Difference (E-OTD) sehingga A-GPS jauh lebih efisien dan efektif dalam mengakses informasi dari satelit karena tidak perlu mencari data satu persatu dari ke-24 satelit yang ada, namun A-GPS telah mengetahui sasaran (satelit) mana yang dibutuhkan atau dituju

LBS (Location Based Service) adalah layanan berbasis lokasi atau istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan teknologi yang digunakan untuk menemukan lokasi perangkat yang pengguna gunakan dan Layanan ini juga menggunakan teknologi global positioning service (GPS)

LBS terdiri dari beberapa komponen di antaranya Mobile Devices, Communication Network, Position Component, dan Service and Content Provider
   Communication network ini berupa jaringan telekomunikasi bergerak yang memindahkan data pengguna dari perangkat ke penyedia layanan.
   Position component adalah posisi pengguna harus ditentukan. Posisi ini dapat didapatkan dengan jaringan telekomunikasi atau dengan GPS.
   Service and content provider adalah penyedia layanan yang menyediakan layanan berbeda ke pengguna seperti pencarian Rute, Kalkulasi Posisi, dan lainnya.

0 Response to "GPS GIS LBS"

Posting Komentar